Skip to main content

Waspadalah Bila Komputer Anda Tiba-Tiba Mati



Sangat menjengkelkan sekali bila kita sedang asyik-asyiknya bekerja tiba-tiba komputer kita mati tanpa ada warning terlebih dahulu. Apalagi kalau pekerjaan kita belum sempat kita save.

Sebenarnya banyak yang menjadi penyebab kenapa komputer kita tiba-tiba mati sendiri. Overheat dari CPU komputer kita bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Dikarenakan kemampuan CPU semakin meningkat, pendinginan CPU menjadi hal yang penting. Sekarang biasanya pada motherboard sudah dilengkapi sensor suhu dan fungsi mematikan komputer bila tiba-tiba suhu di CPU atau motherboard meningkat (overheat).

Oleh karena itu bila tiba-tiba komputer kita mati jangan sekali-kali kita paksakan untuk dihidupkan kembali dengan menekan beberapa kali tombol power. Biasanya bila komputer tiba-tiba mati maka bila kita menekan power lagi, komputer akan hidup lalu mati kembali. Dan kalau sudah lama (berarti CPU sudah dingin kembali) maka komputer akan hidup seperti normal kembali.

Maka apabila terjadi gejala di atas pertama-tama cek cooling fan CPU apakah masih hidup. Bila masih hidup apakah kecepatannya masih normal?

Sebenarnya ada beberapa software yang bisa menampilkan suhu CPU dan motherboard seperti "Hardware Sensor Monitor" , bisa didownload di http://www.hmonitor.net/, atau software lainnya (bisa cari di google dengan keyword misalnya "menampilkan temperatur cpu").

Tapi yang lebih aman adalah gantilah cooling fan CPU dengan yang baru, karena kita tidak tahu apakah masih normal atau tidak. Kalau tidak bisa ganti sendiri, bawalah ke service komputer. Gantilah dengan yang original jangan yang murahan, paling beda 10- s/d 20 ribuan.

Jangan mempertaruhkan CPU anda dengan hanya mengirit 10- s/d 20 ribuan. Karena kalau sudah overheat yang kena pasti motherboard atau CPU atau kedua-duanya. Bayangkan berapa harus keluar kocek bila kedua-duanya harus kita ganti.

Sekali lagi, waspadalah bila komputer anda tiba-tiba mati...


Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak

~ Ada beberapa penyebab komputer mati tiba2 :

1. Prosesor lemah karena sudah terlalu lama, terbanting atau akibat lainnya, ini sering terjadi pada komputer yang sudah lama di pakai, ini solusinya procesor diganti tetapi harganya cukup mahal.
2. Jika komputernya masih tergolong bagus atau baru berarti Windowsnya yang rusak akibat beberapa system terhapus atau terserang virus, jika ini terjadi ikuti langkah berikut :
a. Coba scand dengan registrasi mecanic atau program/ sofwer maintanance lainnya.
b. Scand dengan anti virus yang selalu di updet karena ada juga kemungkinan terserang virus.
c. Jika beberapa cara di atas sudah dilakukan tetapi belum menyelesaikan masalah, cara terakhir anda harus install ulang windowsnya, membaca kasus anda saya yakin saat install ulang anda cukup repair aja untuk menjaga agar file tidak terhapus, jika cara repair tidak menyelesaikan masalah maka harus install ulang secara total tetapi copy-kan dulu data penting anda ke drive D

~ Ada banyak kemungkinannya:
1. komputermu kena virus, cari antivirus dengan definisi virus yang terbaru.
2. listrik di rumahmu gak beres, tegangannya naik-turun. hati-hati ntar komputermu yang jebol. perbaiki instalasi listrik dulu, soalnya biar gonta-ganti stavol ato bahkan ups, gak lama juga bakalan gitu.
3. ada program yang crash sama operation systemnya (misalnya Windows ato Linux), ini perlu install ulang
4. ada masalah sama registernya, masalah ini ada hubungannya dengan penyebab 3 ato komputer yg mati tiba-tiba. Otak-atik register bisa jadi masalah runyam, bawa aja ke ahlinya.

Yang jelas, klo kamu gak ngerti masalah komputer ada baiknya kamu bawa ke penjual komputermu klo komputermu masih dalam masa garansi. ato kamu cari orang yang kamu percaya bisa betulin komputer.

Sudah beberapa kali saya kedatangan teman (pelanggan ) yang komputernya mati, tidak mau menyala sama sekali atau kadang hanya sampai tampilan awal kemudian berhenti / hang. Untuk mengetahui dan memecahkan masalah komputer tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.
Komputer yang mati/ hang sebelum masuk ke sistem operasi bisa penyebabnya bisa bermacam-macam. Berikut Tips yang sudah pernah saya praktekkan dan hampir selalu berhasil. Pilih yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi, atau lakukan secara bertahap.
  • Cek Kabel, mulai dari Kabel yang masuk ke UPS/Stabilizer, kabel Power ke Monitor, kabel Monitor ke CPU dan kabel yang masuk ke Komputer. Pastikan pemasangannya telah sesuai dan kencang, serta arus listriknya ada dan cukup.
  • Jika terdapat CD-ROM / DVD-ROM dan bisa dibuka/tutup, maka kemungkinan permasalahan ada di komputer (CPU), mulai dari kabel power yang masuk ke motherboard atau motherboard itu sendiri, cek pemasangan kabelnya.
  • Jika dua langkah diatas sudah dicek, dan masih belum menyala, matikan komputer dan Reset BIOS di Motherboard. Caranya bisa dilihat di buku panduan motherboard, dan cari menu Reset BIOS. Biasanya untuk mereset BIOS dapat dilakukan pada Jumper 1 (JP1). Disana ada 3 pin, yang 2 diantaranya dihubungkan dengan sebuah konektor kecil. Untuk mereset, tinggal melepas dan memasang di 2 pin yang satunya. Misalnya 3 pin tersebut 1,2,3 dan pin 1 dan 2 sudah terhubung, maka untuk mereset tinggal melepas dan memasang di pin 2 dan 3. Biarkan sekitar 30 detik atau lebih kemudian kembalikan seperti semula. Nyalakan komputer.
  • Jika BIOS telah di reset dan masih tidak menyala, coba lepas Baterai CMOS, yang ada di motherboard. Diamkan sekitar 1 menit, kemudian dipasang kembali dan nyalakan komputer. Jika baterai sudah cukup lama, lebih dari 3 tahun, ada baiknya diganti dengan yang baru. Apalagi jika jam di komputer sering tidak cocok.
  • Jika kipas Processor / VGA berputar, tetapi komputer masih belum menyala, maka kemungkinan ada yang tidak beres dengan BIOS motherboard atau Motherboard memang sudah rusak. Mungkin BIOS perlu di Update, tetapi sebelum update, komputer harus bisa menyala (masuk BIOS) terlebih dahulu. Untuk melakukan hal itu, coba lepas kabel Hardisk, CD-ROM, Floppy. Kemudian, lepas Memori komputer (RAM) dan ganti di slot yang lain atau gunakan memori komputer lain. Hal ini mungkin harus diulangi sampai beberapa kali, hingga ada tanda-tanda kehidupan…
  • Jika CPU sudah kelihatan bekerja, hardisk berputar dan lampu led CPU berkedip-kedip tetapi monitor tidak ada tampilannya, maka kumungkinan VGA ( Kartu Grafis) komputer yang bermasalah. Coba ganti dengan VGA lain atau cek VGA tersebut di komputer lain (Hal ini jika VGA tidak jadi satu dengan motherboard).
Jika dengan semua langkah diatas, komputer juga belum menyala, mungkin komputer perlu di service orang yang lebih ahli. Untuk mengetahui lebih detail permasalahan motherboard atau ingin menjadi teknisi, sebaiknya membeli sebuah alat khusus yang disebut PC Analyzer, yang memang dirancang untuk mengetahui kerusakan motherboard. Silahkan berbagi pengalaman anda mengenai komputer yang tiba-tiba mati dan tidak mau menyala.. semoga bermanfaat.
Informasi
CPU yang dimaksud diatas adalah Motherboard, Memori, CPU, Power Supply, Hardisk, Floppy dan komponen lainnya yang ada dalam Casing Komputer, selain monitor. Meskipun sebenarnya CPU adalah Central Processing Unit (Processor), misalnya Pentium4, AMD dsb. Hal ini untuk mempermudah saja.

Popular posts from this blog

Detektif Conan Episode 1 Sub Indonesia HD

Shinichi Kudo , seorang detektif SMA berusia 17 tahun yang biasanya membantu polisi memecahkan kasus, diserang oleh 2 anggota  sindikat misterius  ketika mengawasi sebuah pemerasan. Ia kemudian diberi minum racun misterius yang baru selesai dikembangkan untuk membunuhnya. Namun, karena sebuah efek samping yang jarang terjadi yang tidak diketahui anggota sindikat tersebut, racun tersebut mengakibatkan tubuhnya mengecil seperti anak kecil berusia tujuh tahun setelah mereka meninggalkannya. [2] Untuk menyembunyikan identitasnya dan untuk menginvestigasi keadaan sindikat tersebut, yang selanjutnya dikenal dengan nama Organisasi Berbaju Hitam atau  Organisasi Hitam , dia menyamarkan namanya menjadi  Conan Edogawa . [3]  Untuk mencari jejak sindikat tersebut, dia tinggal bersama dengan teman sejak kecilnya,  Ran Mouri , yang ayahnya,  Kogoro Mouri , merupakan seorang detektif swasta. [3]  Dia bersekolah di SD Teitan dan membentuk  Grup Detektif Cilik  dengan 3 teman sekelasnya, yaitu: 

Armada - Harusnya aku Lirik dan Mp3

Lirik ku tak bahagia melihat kau bahagia dengannya aku terluka tak bisa dapatkan kau sepenuhnya aku terluka melihat kau bermesraan dengannya ku tak bahagia melihat kau bahagia harusnya aku yang di sana, dampingimu dan bukan dia harusnya aku yang kau cinta dan bukan dia harusnya kau tahu bahwa cintaku lebih darinya harusnya yang kau pilih bukan dia ku tak bahagia melihat kau bahagia dengannya ku tak bahagia melihat kau bahagia harusnya aku yang di sana, dampingimu dan bukan dia harusnya aku yang kau cinta dan bukan dia harusnya kau … Download MP3

Adipati - Lempar batu sembunyi tangan Lirik dan Mp3

Lirik Sampai kapan Terus begini Aku ini punya hati Cinta yang beri perih Cinta suci yang aku beri Tak pernah engkau menghargai Sakitnya yang kau khianati Kau lembar batu Kau sembunyi tangan Kau yang selingkuh Kau menuduhku Kau menari narii diatas derita Tega raja tega Kau berpura pura cintaku menyakitkan Sementara ku yang selalu setia Cukup sudah, cukup sekian Dan terima kasih Kau lembar batu Kau sembunyi tangan Kau yang selingkuh Kau menuduhku Kau menari narii diatas derita Tega raja tega Kau berpura pura cintaku menyakitkan Sementara ku yang selalu setia Cukup sudah, cukup sekian Dan terima kasih Download Lagu